Cari Link Donghua Soul Land? Lihat Disini!

Cara Mengganti Tema Oppo dan Realme dengan Mudah

Panduan Lengkap Install Tema di Oppo dan Realme

Apa itu Theme Store di Smartphone Oppo dan Realme?

Theme Store atau Toko Tema merupakan sebuah aplikasi yang tersedia di Smartphone Oppo dan Realme yang memungkinkan Anda untuk mengunduh dan menerapkan tema yang tersedia pada di Theme Store. Aplikasi ini menyediakan berbagai tema yang dapat diunduh secara gratis maupun berbayar, yang dapat membantu mengubah tampilan perangkat Anda sesuai dengan keinginan.

Aplikasi Theme Store sudah terinstall secara permanen hanya bisa diupdate saja dan tidak bisa dihapus. Theme Store ini juga hanya bisa digunakan diperangkat Oppo, Realme, dan OnePlus yang menggunakan sistem operasi ColorOS atau Realme UI. Pengguna dapat menemukan aplikasi ini di menu utama perangkat atau dengan mencari "Themes" di kolom pencarian.

Setelah membuka aplikasi Theme Store, Anda bisa dapat memilih tab "Free" atau "Paid" untuk menemukan tema yang tersedia. Anda juga dapat menggunakan fitur pencarian yang tersedia untuk menemukan tema yang sesuai dengan keinginan Anda. Setelah tema tersebut terdownload, pengguna dapat menerapkannya pada perangkat mereka dengan mengklik tombol "Apply".

Selain tema yang tersedia secara gratis atau berbayar, Di dalam Theme Store juga menyediakan fitur "My Themes" yang memungkinkan pengguna untuk mengelola tema yang telah diunduh atau dibeli. Pengguna dapat menghapus tema yang tidak lagi diinginkan atau mengembalikan tema yang telah dihapus ke dalam daftar tema yang tersedia.

Mengenal Apa itu Tema Pihak Ke-3?

Tema Oppo dan Realme pihak ke-3 merupakan tema yang dibuat oleh pengguna pihak ketiga yang tidak berafiliasi dengan Oppo atau Realme dan tidak tersedia di aplikasi Theme Store yang tersedia di perangkat Oppo dan Realme. Tema pihak ke-3 dapat diunduh dan diinstal melalui internet seperti di Realme Tema ini.

Tema pihak ke-3 dapat memberikan pengguna kesempatan untuk mengubah tampilan perangkat Oppo atau Realme mereka dengan cara yang lebih unik dan kreatif dengan UI yang lebih tembus akar. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan tema pihak ke-3 dapat mempengaruhi kinerja perangkat Anda dan menimbulkan masalah yang tidak terduga. Jadi, sebaiknya gunakan tema pihak ke-3 dengan hati-hati dan pastikan untuk membaca ulasan dan deskripsi tema tersebut sebelum menginstalnya pada perangkat Anda.

Apakah Bisa Menginstall Tema Pihak ke-3?

Ya, Tentu saja anda dapat memasang tema pihak ke-3 di perangkat Oppo dan Realme. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua tema pihak ke-3 yang tersedia di internet dapat diinstall dan digunakan pada perangkat Oppo dan Realme.

1. Silahkan Unduh tema pihak ke-3 yang ingin Anda pasang. Pastikan bahwa tema tersebut sesuai dengan perangkat Anda dan tidak mengandung malware atau virus.

Catatan: Untuk memastikan yang anda download adalah tema asli, Anda bisa "Rename" Tema pihak ke-3 yang anda download lalu pastikan dibagian akhir .themes sebagai contoh: tema-ios-16.themes (Jika diakhiri dengan .themes Maka itu adalah tema asli yang bisa anda gunakan).

2. Buka Tema pihak ke-3 yang sudah anda Download
3. Tekan Terapkan / Uji Coba
5. Tunggu beberapa saat hingga tema berhasil berubah.
6. Selesai.

Catatan: Jika anda ingin mencoba cara lama agar bisa menggunakan Tema Pihak ke-3 secara permanen maka anda cukup masuk ke Info Aplikasi Theme Store lalu Hapus Data dan Paksa Berhenti. Tapi jika cara itu sudah tidak bisa digunakan lagi maka sebaiknya anda menggunakan beberapa Metode dibawah ini. (Anda cukup menggunakan 1 metode sesuai dengan kebutuhan).

Metode 1 #iMOD Pro Theme Editor (Oppo and Realme)

Aplikasi iMod Pro (Oppo dan Realme) adalah aplikasi pihak ke-3 yang memungkinkan pengguna untuk mengedit tema yang tersedia di perangkat Oppo dan Realme. Aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengubah warna, font, ikon, dan elemen lainnya pada tema yang dipilih. Tapi fungsi utama yang populer dan paling sering digunakan adalah Tema Pihak ke-3 menjadi permanen.

Untuk menggunakan Aplikasi iMod Pro di tema Oppo dan Realme, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Silahkan Terapkan Tema yang baru saja anda download, Seperti biasa lewat 'Theme Store'.
2. Setelah Tema sudah berubah selanjutnya buka iMOD Pro
3. Perhatikan Logo berwarna biru pada bagian atas / pojok atas kanan (Tekan) Logo tersebut hingga muncul text 'Permanen Activated' Tepat dibawahnya.


4. Jika Text diatas sudah muncul sekarang anda sudah bebas menggunakan Tema yang sudah anda download tanpa adanya trial lagi.

Catatan: Perlu diketahui bahwa beberapa perangkat Oppo dan Realme mungkin sudah tidak dapat menggunakan metode iMod Pro. Ini dapat terjadi jika Theme Store sudah diupdate ke versi 7.5, 8.0, atau 9.0. Namun, jika Theme Store masih dapat dilakukan downgrade sampai versi 7.4, Anda mungkin masih dapat menggunakan metode iMod Pro dengan nyaman. Berikut ini beberapa device yang mungkin masih bisa digunakan Metode iMod Pro:

Realme 1, Realme C1, Realme C2, Realme 2, Realme 2 Pro, Realme 3, Realme 3 Pro Realme 5, Realme 5 Pro , Realme 6, Realme 6 Pro, Realme C3, Realme C15, Realme Narzo 20, Realme Narzo 20A, Realme Narzo 20 Pro, Realme X3, Realme X3 SuperZoom. Jika anda sudah menggunakan Realme UI 2.0 Pastikan Downgrade Theme Store ke 7.4 versi.

Metode 2 #Menggunakan Aplikasi SetEdit

Jika tutorial menggunakan iMOD Pro diatas tidak bisa diperangkat Realme UI dan ColorOS anda, Maka anda harus mencoba Memanfaatkan aplikasi Set Edit agar tema yang anda gunakan menjadi bebas digunakan secara permanen. Penasaran? Simak berikut ini.

Aplikasi SetEdit (Settings Database Editor) adalah aplikasi pihak ke-3 yang memungkinkan pengguna untuk mengubah database sistem pada perangkat Oppo dan Realme. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengubah berbagai elemen tertentu pada perangkat, value aplikasi, termasuk tema, ikon, font, dan lain-lain. Berikut ini adalah metode terbaik menggunakan SetEdit agar tema menjadi permanen.

1. Unduh Aplikasi Setedit melalui Play Store
2. Terapkan Tema Pihak Ke-3 yang baru saja anda download
3. Setelah Tema berubah, Buka aplikasi Setedit dan ubah System Table Menjadi Secure table

Cari Nama Berikut:
  • persist.sys.oplus.theme_uuid ubah Nilai menjadi -1
  • presist.sys.trial.theme ubah Nilai menjadi 0

4. Jika anda sudah berhasil menggantinya valuennya, Silahkan Close aplikasi SetEdit. (Selesai, Sekarang tema sudah bebas dari Trial alias bisa digunakan kapan saja (Permanen) di Realme UI dan ColorOS).

Catatan: Jika anda tidak bisa mengubah Valuennya maka anda harus melakukan bypass terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan Metode Adb menggunakan PC Klik Disini atau bisa juga menggunakan Remote via Smartphone Klik Disini.

Update New Metode 3 #Sumber dari Youtube

1. Buka File Manager
2. Cari Tema yang ingin anda terapkan contoh: 'ios16.themes'
3. Tekan 2/3 detik File tersebut lalu Pilih Kirim/Bagikan
4. Pilih Bagikan ke Toko Tema Otomatis kamu akan menuju ke Toko Tema
5. Silahkan Uji Coba Gratis dan Tunggu Tema berubah
6. Selesai, Agar lebih aman Clear Cache Aplikasi Toko Tema.

Catatan: Metode ini bisa digunakan di Theme Store versi 9.1 untuk versi 9.3 terbaru anda bisa mencobannya langsung jika Work, Silahkan berbagi pengalaman dengan teman-teman melalui komunitas komentar dibawah.

3 komentar

  1. File temanya yg mana?
  2. Tidak berhasil di realme U.I realme 6 dengan Thema store versi 8
  3. Downgrade Theme Store Bro!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.